Sudut pandang pengobatan timur penyakit diabetes mellitus

Sudut padang pengobatan timur penyakit diabetes mellitus

Dalam buku synopsis od prescripons of the golden chamber (jinkui yaolue fanglun), di tulis sejak 1700 tahun lampau oleh seorang sarjana kedokteran timur yang sangat terkanal pada zaman dinasti Han, Zhang Zhongjing, disebutkan penyakit diabetes mellitus termasuk sindroma yin.
Gejala dan tanda

dari sindroma yin adalah rasa haus yang heat disertai sering kencing, perasaan tidak enak karena terasanya aliran udara yang naik ke atas dari bawah ulu hati (epigastrium), rasa panas dan sakit pada lambung, dan terasa lapar tetapi tisak enak makan. Apabila dipaksa menelan makanan akan segera dimuntahkan. Jika penderita di beri obat pencahar (laxant) maka akan menyebabkan diare berkepanjangan. Nadi pada pergelangan tangan teraba lambat dan mengambang. Nadi mengambang berarti kasus defisiensi yang menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh. Sementara nadi lambat berhubungan dngan gangguan perncernaan yang menyebabkan kekurangan penyerapan zat gizi dan enzim percernaan.

Nadi fuyang yang berasal dari organ lambung, mengembang dan cepat.Ini berarti organ lambung dalam keadaan sakit (patologis). Nadi mengambang disini berarti kelebihan vital energy ,yang berarti ada panas dalam lambung .Nadi cepat menandakan fungsi pencernaan yang baik dan berhubungan dengan susah buang air besar ( konstipasi ).Kelebihan vital energy ini menyebbabkan penderita sering kencing dan timbul sembelit.
Penyakit diaberes mellitus menurut tradisional chinese medicine (TCM) dinamakan Xiaoke.Secara klinis di bedakan tiga sindroma xiaoke sebagai berikut :
1. Sindroma upper xiaoke (atas) , terjadi karena gangguan pada paru-paru
2. Sindroma middle xiaoke (tengah) ,terjadi karena gangguan pada lambung
3. Sindroma lower xiaoke (bawah) , terjadi karena gangguan pada ginjal
Gejala haus,lapar dan banyak kencing berturut-turut terjadi karena sindroma upper xiaoke (shang xiao ), middle xiaoke ( zhong xiao ) , dan lower xiaoke ( xiao xiao ) . Semua ini disebabkan karena kebiasaan makan tidak teratur ,emosi, labil dan tipe orang yang kekurangan yin.
Faktor dasar terjadinya penyakit diabetes mellitus menurut ilmu pengobatantradisional cina adalah kekurangan yin pada ginjal dan dalam waktu bersamaan disertai makan yang tidak teratur dan emosi yang labil sehingga mengurangi yindan menyebabkan tubuh kekurangan yin yang berlanjut
Pada tingkat upper xiaoke adanya panas dan kekurangan yin pada organ paru- paru membuat fungsi paru-paru yang dalam keadaan normal menurunkan dan menyebar cairan tubuh menjadi terganggu.Tanda dan gejala yang timbul adalah rsa haus, dan banyak minum dan sering kencing , badan terasa lemah,ujung lidah merah,lidah berselaput tipis , warnanya kuning ,nadi cepat dan kuat.
Pada tingkatan middle xiaoke adanya panas dan api pada lambung menyebabkan pencernaan menjadi lebih cepat dari biasanya. Hal ini menimbulkan gejala dan tanda seperti cepat lapar,nafsu makan baik,rasa haus,sering minum dan kencing,badan kurus,sembelit,lidah kering dan berselaput kuning,nadi kuat dan licin.
Pada tingkatan lower xiaoke kekurangan yin dan adanya api pada ginjal dan mengakibatkan api naik ke atas serta membakar paru-paru dan lambung.Gejala dan tanda yang di perlihatkan adalah sering minum dan kencing., kencing keruh dan terasa manis,mulut kering,lidah merah,nadi dalam dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *